You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pamekaran

Kec. Soreang, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
Selamat Datang di Portal Desa Pamekaran 

Sejarah Desa


SEJARAH DESA PAMEKARAN

Desa Pamekaran merupakan desa hasil dari dimekarkannya Desa Soreang Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Istilah “pemekaran” atau di dalam bahasa sunda “pamekaran” diputuskan melalui musyawarah mufakat untuk dijadikan nama desa baru yang merupakan pemecahan dari desa Soreang.

Desa Soreang yang pada waktu itu dipandang telah mencukupi syarat-syarat untuk dimekarkan dan didasari pula oleh pertimbangan-pertimbangan teknis pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat desa, maka setelah melalui proses musyawarah para tokoh masyarakat/pimpinan lembaga-lembaga desa, para ketua RT/RW dan setelah mendapat pengesahan dari pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung, pada tanggal 21 Juli 1978 lahirlah desa baru hasil pemekaran dari desa Soreang sebagaimana disebutkan diatas, yang diberi nama “Desa Pamekaran”.

Adapun riwayat singkat nama desa Pamekaran ini adalah sebagai berikut, pada bulan Juni 1978 dibentuk Tim Perumus nama desa yang diketuai oleh R. Sambas (Camat Soreang), dengan para anggotanya yaitu H. Soegeng Natawisastra, Yoyo Cahyo, Tosidi, Sarya Hamidi, Iing Soeparya, Arom Saepuddin, Uben Akhmad, Adang Hidayat Tabyini dan Ii Hidayat (Kepala Desa Soreang), setelah menampung segala usul, saran dan pendapat dari berbagai pihak, akhirnya menghasilkan tiga calon nama desa, yaitu :

  1. Desa Cibogor (mengambil nama salah satu kampung)
  2. Desa Pasantren (mengambil nama salah satu kampung)
  3. Desa Pamekarsari (asal kata “pamekaran” dengan tambahan “sari”).

Setelah melalui perumusan dan pertimbangan, akhirnya diputuskan oleh musyawarah bahwa nama desa yang akan digunakan adalah “Desa Pamekaran” lalu diusulkan ke Bupati Bandung dan disetujui. Adapun yang ditunjuk/diangkat menjadi penjabat sementara Kepala Desa nya adalah Sdr. Adang Hidayat Tabyini (karyawan Kantor Urusan Agama Kecamatan Soreang). Kemudian pada akhir tahun 1979 diadakan pemilihan Kepala Desa definitif yang diikuti oleh tiga orang calon, diantaranya:

  1. Adang Hidayat Tabyini
  2. Sutia K
  3. Saripudin

Dari hasil pemilihan kepala desa tersebut, Sdr. Adang Hidayat Tabyini keluar sebagai calon terpilih dengan meraih suara terbanyak, yaitu 2.250 suara dari 3.900 hak pilih yang hadir mengikuti pemilihan kepala desa. Sementara pada saat kekosongan pimpinan pemerintahan desa pada waktu itu, maka untuk menjelaskan tugas, wewenang serta tanggungjawab kepala desa, ditunjuklah pelaksana tugas kepala desa pamekaran yaitu Sdr. Nyanjang Soetisna. Demikian sejarah singkat berdirinya Desa Pamekaran Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pamekaran,_Soreang,_Bandung

Dokumen Lampiran SEJARAH DESA PAMEKARAN
Bagikan artikel ini:
Komentar