Selamat Datang di Portal Desa Pamekaran   

Visi dan Misi

Administrator | 24 Agustus 2016 10:48:28 | 5.336 Kali

VISI dan MISI

 

VISI

 

"Terwujudnya desa pamekaran yang aman, nyaman dan sejahtera dengan menumbuh kembangkan kembali sifat gotong royong di masyarakat dalam setiap kegiatan pembangunan baik infrastruktur ekonomi sosial budaya, kesehatan dan pendidikan berlandasan kultur dan agama"

 

MISI

1. Memantapkan Pengelolaan Keuangan Desa Yang Baik dan Transparan

Yang dimaksud Pengelolaan Keuangan Desa yaitu keseluruhan kegiatan  yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa.Sebagai salah satu contoh adalah memantapkan pengelolaan keuangan desa yang bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PAD) dengan tujuan meningkatkan semua pendapatan asli desa (PAD) yang bersumber dari pengelolaan tanah kas desa dan kios/ruko desa serta kekayaan desa lainnya yang ada dengan cara merevisi peraturan desa mengenai nilai sewa ataupun kontrak yang sudah tidak sesuai sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan perangkat yang selama ini bantuan dari pemerintah kabupaten Bandung belum mencapai upah minimum regional (UMR) yang dapat mempengaruhi kinerja aparatur desa dalam melayani masyarakat dan juga dapat meningkatkan biaya operasional lembaga lembaga yang ada di desa.Lalu yang di maksud dengan baik dan transparan dalam Pengelolaan Keuangan Desa yaitu semua anggaran yang bersumber dari bantuan APBD maupun APBN dapat diketahui oleh masyarakat umum, baik dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan besaran nilai anggaran maupun pelaporan kegiatan di setiap wilayah melalui media yang dapat di ketahui oleh masyarakat.

 

2. Memantapkan Kinerja Pelayanan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Menjembatani Pelayanan Publik Terhadap Masyarakat

Yaitu meningkatkan kinerja aparatur sesuai Tugas Pokok dan Fungsi-nya dalam melayani masyarakat baik di lingkungan kerja maupun di lapangan dengan selalu diadakan evaluasi kerja setiap pagi sebelum di mulainya jam kerja sehingga dapat diketahui bilamana ada permasalahan yang terjadi dan untuk segera diambil tindakan selanjutnya.

 

3. Memantapkan Keamanan dan Ketertiban di Wilayah Desa Pamekaran

Yaitu meningkatkan kegiatan bidang keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah baik siang maupun malam dengan seringnya diadakan kunjungan ataupun silaturahmi terhadap masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama maupun tokoh pemuda yang mana dapat mendeteksi secara dini bilamana akan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan oleh masyarakat sekitarnya.

 

4. Memantapkan Pembangunan Infrastruktur Desa Baik Sektor Ekonomi, Sosial Budaya, Kesehatan dan Pendidikan Serta Agama di Lingkungan Masyarakat

Yang dimaksud memantapkan pembangunan infrastruktur meningkatkan nya fungsi lembaga lembaga yang ada di wilayah ( RT & RW) maupun di desa baik LPMD , BPD , PKK , Karang Taruna dan lainya dengan cara selalu mengadakan rapat kordinasi di setiap perencanaan pembangunan sehingga dapat tepat sasaran yang dapat berdaya guna dan berhasil guna bagi warga masyarakat.

Pembangunan Desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Perencanaan pembangunan desa adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Desa dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya desa dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa.

Pembangunan Partisipatif adalah suatu sistem pengelolaan pembangunan di desa dan kawasan perdesaan yang dikoordinasikan oleh kepala Desa dengan mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan guna mewujudkan pengarusutamaan perdamaian dan keadilan sosial.

Sedangkan di bidang ekonomi yaitu memelihara dan meningkatkan kerja sama yang lebih baik dengan lembaga lembaga keuangan yang selama ini telah membantu menyalurkan dananya terhadap warga masyarakat yang ada di lingkungan dikarenakan anggaran dari pemerintah untuk bidang ekonomi masih kurang memadai dengan melihat perkembangan ekonomi usaha warga sekitar Desa Pamekaran.

Dan yang di maksud pemantapan sosial budaya yaitu menumbuh kembangkan sifat gotong royong di masyarakat yang selama ini luntur di karenakan adanya bantuan anggaran pembangunan dari pemerintah untuk pembangunan di wilayah.

Lalu yang di maksud dengan pemantapan di bidang kesehatan yaitu membudayakan kebersihan lingkungan dan memaksimalkan pelayanan pos – pos kesehatan baik PUSTU maupun POSKESDES dengan mengoptimalkan sarana dan pra sarana baik melalui APBD maupun APBN.

Dan yang di maksud dengan pendidikan dan agama yaitu meningkatkan pelatihan – pelatihan kerja bagi para pemuda pemudi yang belum mempunyai pekerjaan bekerja sama dengan intansi pemerintah baik DISNAKER maupun DISKOPERINDAG ataupun intansi lainnya .

Dan yang terakhir Agama yaitu memelihara kerja sama yang baik dengan para tokoh Agama dalam setiap kegiatan, baik di hari hari besar ke agamaan ataupun dalam acara tertentu sehingga dapat menjalin hubungan yang baik demi tercapainya keamanan dan kenyamanan di lingkungan masyarakat.

Dokumen Lampiran : Visi dan Misi


Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Soreang No.16
Desa : PAMEKARAN
Kecamatan : SOREANG
Kabupaten : BANDUNG
Kodepos : 40912
Telepon : 022 85876254
Email : info@pamekaran.desa.id / pamekaran78@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

JADWAL SOLAT